Tips Membuat Surat Permohonan Bantuan Dana

Tips Membuat Surat Permohonan Bantuan Dana
Ada banyak macam surat permohonan, salah satunya adalah surat permohonan bantuan dana. Surat permohonan bantuan dana adalah surat yang dibuat oleh seseorang ataupun kelompok yang sedang membutuhkan sejumlah dana tertentu untuk suatu kegiatan tertentu juga. Isi dari surat ini tentu saja adalah memohon pada seseorang, lembaga atau instansi tertentu sebagai penerima surat untuk memberikan sejumlah dana yang diminta.

Untuk mengajukan surat ini diperlukan pula sebuah proposal bantuan dana. Tujuannya tentu saja untuk memperjelas atau memberikan rincian dana yang diminta. Jadi dalam proposal tersebut hendaknya dijelaskan untuk apa saja dana tersebut digunakan serta berapa nominal untuk setiap rinciannya.

Surat permohonan bantuan dana ini termasuk sebagai salah satu surat resmi. Maka dari itu, dari segi penulisan, hendaknya surat ini harus mengikuti aturan-aturan yang resmi juga. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membuat surat permohonan bantuan dana. Berikut uraiannya :

  1. Dari segi bahasa, penulisannya hendaknya menggunakan bahasa yang baku atau dengan kata lain menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  2. Jelaskan secara terperinci mengenai penggunaan dana yang diajukan tersebut
  3. Penanggung jawab
  4. Tata cara pemberian bantuan yang diminta
Nah dari uraian diatas, setidaknya sudah ada gambaran tentang cara membuat surat permohonan bantuan dana yang baik dan benar. Selain itu, surat ini juga hendaknya ditulis dengan kata yang sopan dan jangan terlalu bertele-tele. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh surat permohonan bantuan dana.

Contoh 1 :


KOP PANITIA/LEMBAGA
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nomor     : 123/V/2017
Lampiran : 1 (satu) Buah Proposal
Perihal     : Permohonan Bantuan Dana Kegiatan Peringatan 1 Muharam

Kepada Yth,
Seluruh Warga Desa/Kelompok/dsb...
di
  Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Teriring rasa syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya. Shalawat serta salam pada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW.

Berkenaan dengan akan diadakannnya kegiatan peringatan 1 Muharam 1439 H yang akan jatuh pada tanggal 21 September 2017 mendatang, yang mana kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan Desa Air Jernih. Kami selaku panitia sadar bahwa kegiatan ini masih banyak yang perlu dipersiapkan, sehingga membutuhkan bantuan dari semua warga Desa/Kelompok/dsb.... .

Kegiatan ini kami perkirakan akan menelan biaya sebesar RP. 5.000.000 (Lima Juta Rupiah). Dan atas instruksi ketua an jajaran pengurus cabang kami atas nama panitia peringatan 1 Muharam memohon bantuan dana kepada seluruh warga Desa/Kelompok/dsb …. masing-masing warga minimal Rp. 20.000.00,- ( Dua Puluh Ribu Rupiah ).

Pembayaran dana bantuan diberikan kepada masing-masing koordinator wilayah dilakukan sebelum tanggal 18 September 2017 mendatang dan diserahkan ke bendahara halal bilhalal selambat-lambatnya tanggal 20 September 2017.

Demikian Surat Permohonan Dana Bantuan Halal Bilhalal ini, atas sumbangan dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Desa Air Jernih 15 September 2017

Mengetahui
Ketua Halal Lembaga/Kelompok dsb..                                                  Ketua Panitia



(--Nama Terang--)                                                                               (--Nama Terang--)

Tips Membuat Surat Permohonan Bantuan Dana
Contoh 2 :

KOP SURAT
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nomor      : 258/VI/2017
Lampiran  : 1 Rangkap Proposal
Perihal      : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yang Terhormat,
Bapak/Ibu ___________
di
   Tempat

Assalamualaikum Wr.Wb.

Salam silaturrahmi kami sampaikan. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa mendapatkan berkah serta kemudahan rizqi dari-Nya, Amin.

Sehubungan dengan rencana lanjutan renovasi Mushola ____________________ yang sesuai estimasi kami selaku panitia memperkirakan akan menghabiskan dana sebesar RP. 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah). Maka dengan ini kami memohon kepada Bapak/Ibu agar berkenan memberikan bantuan dana seikhlasnya.

Pemberian bantuan dana dapat diserahkan kepada:
1. Ariandi Wijaya
2. Muhammad Alianza
3. Siti Khalika
4. Dewinta Amelia

Demikian surat permhonan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Semoga amalan dan ibadah kita senantiasa diterima oleh Allah yang maha kuasa, Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Desa Karya Muda, 20 Juli 2017
Panitia Pembangunan Mushola __________ 


(--nama ketua panitia--)

Itulah beberapa contoh surat permohonan bantuan dana yang dapat kami berikan kepada anda. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Sampai jumpa di ulasan tentang surat lainnya.

Subscribe to receive free email updates: